Vaksin Virus Corona

Sudah tahu belum, vaksin Covid-19 akhirnya release? Atau lebih tepatnya sudah tiba di Indonesia.

https://www.kompas.com/tren/image/2020/12/10/171000665/soal-efektivitas-vaksin-sinovac-ini-penjelasan-bio-farma?page=1

Oo.. Tahunya berita prewedding Vicky Prasetyo dan Kalina? Yowes sama. Saya juga tadinya ngga tau kalo vaksin sinochem atau sinovac itu sudah tiba di Indonesia tanggal 6 Desember 2020, sebanyak 1,2 juta dosis. Kemudian akan tiba 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku (bulk). Sementara, sisa dari 3 juta dosis vaksin yakni 1,8 juta dosis kemasan single dose akan tiba pada Januari 2021. Selanjutnya, akan tiba kembali dalam bentuk bulk sebanyak 30 juta dosis.

Vaksin sinovac atau vaksin sinochem ini buatan mana? 

Vaksin corona ini adalah vaksin Sinovac Biotechnology dari Tiongkok. Saat ini sedang dalam proses uji klinis di Indonesia. 

Apa pembuat vaksin corona hanya ada satu? 

Ngga dong. Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), vaksin Sinovac asal Tiongkok masuk ke dalam 10 vaksin yang berada di tahap uji klinis fase III. Selain Sinovac, ada beberapa vaksin lainnya seperti Johnson Pharmaceutical Companies, Moderna, hingga University of Oxford atau AstraZeneca. 

Di Indonesia,  vaksin ini akan di produksi oleh Bio Farma. 

Bio Farma terpilih sebagai salah satu perusahaan farmasi yang ditunjuk untuk memproduksi vaksin Covid-19.

Bio Farma ditunjuk oleh Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi atau CEPI. 
CEPI merupakan koalisi pemerintah, pihak swasta, dan filantropis yang berpusat di Norwegia. Koalisi ini memiliki tujuan untuk mengatasi epidemi dengan cara mempercepat pengembangan vaksinnya.

Trus,  siapa saja yang bisa mendapatkan vaksin ini?  

Target Kementerian Kesehatan, semua masyarakat Indonesia, lebih kurang 340 juta dosis atau 170 juta orang, akan mendapatkan prioritas vaksinasi pada tahun 2021. Meski begitu, vaksin corona ini akan diprioritaskan pada kelompok tertentu. Contohnya, tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam mengatasi pandemi COVID-19.

Mau tahu lebih banyak tentang vaksin sinochem? Buka aja di Halodoc. Banyak artikel terkait yang menginformasikan tentang covid 19 dan vaksin corona. Atau mau tanya soal kesehatan kepada dokter ahli tanpa harus keluar rumah? Bisa bertanya lewat Halodoc. Praktis, gratis, ngga pake antri. 

Gimana, Mak? Merasa legaan dikit? Atau tetep was-was? Yang penting tetap menerapkan protokol kesehatan ya. Berdoa, pake masker, cuci tangan pake sabun, dan jaga jarak aman/menghindari kerumunan. 

Komentar