PAPERCLIPS BRACELET - GELANG KUPUKUPU DARI PAPERCLIP



Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Inginnya sih setiap minggu posting sesuatu, tapi apa daya, adaaa aja acara, hehehehe… Maklum, ibuk ibuk..
Oh iya, sudah tahu belum…Nupinupi mengadakan BIN END SALE. Sale terakhir, menghabiskan semua stok bahan dan alat. Insyaallah ke depan kami tidak menjual alat dan bahan kerajinan lagi. Kecuali Paket Belajar Flanel. Kenapa? Ada apa?
Pasti itu pertanyaan yang muncul. Saya masih tetap nge-craft kok. Membuat tutorial juga Insyaallah jalan terus. Hanya tidak menjual alat dan bahan lagi. Barang jualannya ganti… Saya beralih ke bisnis fashion. Saya hobi nge-craft, tapi juga senang dengan fashion, terutama gamis. Setelah memikirkannya selama setahun terakhir ini, akhirnya saya memutuskan untuk mulai berbisnis pakaian, yang bagi saya masih cukup gelap. Harus belajar lagi dari nol… Karena, meskipun saya sudah hampir 7 tahun menjadi pedagang online, tapi karakteristik pelanggan dan barang beda jauh (ternyata). Motret-motret untuk katalog juga lebih enak gantungan kunci, benang, kancing dkk. Motret baju…duuh, extra effort. Pencahayaan harus pas, supaya warna asli yang keluar. Model dan motif juga harus jelas, dan tidak semua tampak bagus di patung manekin, kadang harus dipakai supaya terlihat lebih jelas modelnya. Tapi ada bagian favorit saya, yaitu blusukan ke pasar…hunting gamis-gamis yang sesuai standar jual saya. Sekarang juga jadi lebih mengenal jenis-jenis kain pakaian.

Yang pasti, saya sangat berterimakasih kepada “craft”. Dari craft, saya bisa menikmati penghasilan puluhan juta/bulan. Hanya dari modal recehan dan ketekunan… Tidak mudah, sangat tidak mudah memulainya. Ada masa-masa, saya sampai mual karena benar-benar capek, harus menghandle semuanya sendiri dan tidur jam 2 pagi setiap hari. Di cap tetangga tidur melulu karena tidak pernah keluar rumah untuk sekedar ikut ngrumpi bersama ibu-ibu komplek di sore hari. Saya ngakak dalam hati, setelah 2 tahun kemudian mereka baru tahu kalau saya punya “toko” di dalam rumah. Sampai datang rame-rame dan melihat-lihat ke dalam rumah. Setelah itu mereka sudah tidak pernah komentar lagi. Hehehehehe. Ooh..ngelantur ya.. Maaf, sedang asyik mengenang masalalu, hahahahahaha.

Back to BIN END SALE, jangan sampai kehabisan barang dan alat kami, karena :
  • Harga super murah, beli ecer dengan harga grosir. Istilah kekiniannya --- discount all item (Kecuali Paket Belajar Flanel).
  • Mungkin di OS lain tidak menjual bahan/alat tersebut, kalau habis…bingung kan mau beli di mana.
  • Mungkin OS lain menjual bahan/alat serupa, tapi harganya lebih mahal (harga normal). Sedangkan kami memangkas semua harga bahan dan alat kerajinan.
  • Promo ini tidak berbatas waktu. Batasannya kalau semua bahan dan alat habis terjual. Otomatis promo kami tutup. Jadi, bisa sewaktu-waktu kami tutup.. Jangan sampai menyesal ^^

Nah…silakan meluncur ke Fanpage Paket Belajar Flanel. Borong semua stok bahan dan alat kami…mumpung lho buk ibuk… Kapan lagi? ^^

Okeee… Promosinya disudahi. Lanjut ke postingan inti. Tutorial membuat gelang kupukupu dari penjepit kertas atau paperclip. Ini bahan dan alat yang diperlukan :





Cara membuat :
1. Luruskan paperclips menjadi sepotong kawat.
2. Gunakan tang penjepit untuk menghaluskan bekas lekukan.


J   3. Jepit di bagian tengah kawat menggunakan tang pelintir.
4   4. Tekuk.
5. Buat bulatan kecil.
6. Hasilnya seperti foto.


7. Zoom foto no.6
8. Satukan kedua kaki kawat hingga sejajar.



9. Jepit bagian leher bulatan kecil menggunakan tang pelintir. Jepit tepat di pangkal tang. Sehingga bulatan yang terbentuk lebih besar diameternya.



16. Ratakan/rapikan bentuknya menggunakan tang penjepit
17.Ulangi langkah no. 9. Bedanya, jepit memakai ujung tang. Sehingga bulatan yang terbentuk lebih kecil diameternya.



22. Jepit kedua kaki kawat yang tersisa. Lalu tekuk sehingga menjadi lengkungan. Lengkungan ini nanti akan menjadi pengait antara kupukupu yang satu dengan yang lain.

26. Siapkan tang potong.
27. Potong pendek kaki-kaki lengkungan. Memotongnya satu-satu, karena cukup keras kawatnya.




30. Buat beberapa, sesuai diameter lengan. Kaitkan satu persatu, lalu matikan lengkungan tersebut menggunakan tang jepit agar tidak bisa lepas lagi.
31. Siapkan rantai, pasang ring (jump ring) di salah satu ujungnya. Panjang rantai sesuai selera ya..
32. Kaitkan ujung rantai yang ada ringnya di salah satu ujung kupukupu..
33. Sementara di ujung kupukupu satunya, pasang ring dan kait udang.



Selesai… Hasilnya cantik kan?! Siapa yang menyangka itu dari paperclips?! ^^
Beberapa nomor tidak saya beri penjelasan, karena saya bingung kata-katanya. Tapi semoga fotonya cukup jelas :P

Sudah mencoba tapi tidak bisa sekali jadi?? Tenaaang… Ini produk gagal saya. 


Di foto terlihat normal-normal saja. Padahal.. Secara nyata bentuknya mengerikan.. Jadi, memang harus mencoba berulangkali sampai bisa membuat kupukupu mungil yang halus sempurna. Modal paperclips sekotak doang ini, 3.000 perak… Tak masalah bukan?!

Selamat kapalan jari tangannya mencoba ^^v



Salam, 

Komentar