TIMBUNAN IDE DAN REALISASI

Assalamu’alaikum Wr.Wb


"Satu ide yang terealisasi, lebih baik daripada timbunan ide brilian yang tidak terealisasi" 
         (Nupinupi)

Semangat rabu sore… ^^ Wooww…tumben ini si pemilik update blog Nupinupi, hahahahaha. Butuh kekuatan super juwara untuk sekedar meletakkan jari tangan di atas keyboard laptop.  Alasan klasik! Tapi selalu diulang-ulang. 

foto diambil dari sini

Hari ini saya ingin curhat. Boleh? Terimakasih :) Beberapa waktu yang lalu, laptop andalan saya mendadak mati. Ada bunyi “tek..tek..tek..” di bagian tengah keyboard. Saya tekan tombol power, tetap layar hitam kelam yang tampak, meskipun terdengar desing “mesin”nya, seolah berusaha untuk hidup dengan susah payah, tapi kemudian diam. Tekan tombol power lagi, begitu lagi. “Oke deeh…mungkin dia lelah”, batin saya. Biarkan dulu beberapa jam, pasti nanti mau menyala lagi (Optimisme saya membabi-buta saat itu). Dua jam kemudian… Tekan tombol power, mesin berdesing, layar tetap hitam, dan mati. Begitu sampai berkali-kali… Baiklah! Bawa ke teknisi langganan, dan semua data akan baik-baik saja.

(Scene selanjutnya disingkat saja. Tau-tau hasilnya adalah…) Laptop saya dinyatakan kiamat, dan data-datanya telah berpulang ke rahmatullah. Seberapa berharga data-data laptop saya? Bagi saya milyaran rupiah. Disitu tersimpan data sejak Nupinupi lahir, tahun 2009. Semua naskah paket belajar, foto-foto tutorial, foto-foto barang dagangan, ide, semuanya. Dan, yang membuat ratapan saya sempurna adalah, naskah Paket Belajar Flanel (PBF) terbaru yang sudah selesai (tinggal finishing.) Semua foto tutorial PBF baru tersebut otomatis juga lenyap.

Yuk… saya ajak flashback ke beberapa waktu sebelumnya. Sebelum data-data saya dinyatakan berpulang ke rahmatullah.
Suatu siang, saya duduk di depan laptop dan memandangi semrawutnya folder data-data saya. Sangat banyak. Kapasitas memori laptop saya 250 GB. Dan data-data saya 150-an GB. Kebanyakan isinya foto. Saat itu dalam pikiran saya,
(Pikiran 1) “Ya Alloh…malas sekali aku merapikan file-file di laptop ini. Terlalu banyak dan semuanya berharga.”
(Pikiran 2), “Duuh, ini otak udah kepenuhan ide deh kayaknya. Tapi males banget merealisasikannya.”
(Pikiran 3), “Ya Alloh, berikan ide dan pemikiran yang segar pada otakku” --- Plis deeh, ngga sinkron banget doa ini dengan pikiran 2 (-___-“)
(Pikiran 4), “Ah, pengen banget memperbarui tutorial PBF lama. Tapi…malasss, harus bikin lagi semuanya dari awal (membuat kreasi, memotret, menyusun naskah, dll)”
Dan Alloh selalu Maha Tahu yang terbaik dan Maha Pengabul Permohonan. Maka, terjadilah kiamat laptop tersebut.

Alhamdulillah, saya down hanya 2 minggu (hanya?! - gw mah gitu orangnya, kalo meratap ngga lama-lama, hahaha) Seminggu berikutnya mulai mengumpulkan semangat untuk bangkit lagi, seminggu berikutnya mulai mengumpulkan file-file yang mungkin masih tersisa di beberapa flashdisk dan komputer kantor. Not Bad-lah.. Setidaknya, file PBF masih ada back up nya di komputer kantor. Walaupun hanya ada naskah PDF-nya saja.

Memang, setelah peristiwa itu saya merasa otak saya ringan dan bersih. Tunas-tunas ide segar seolah berlomba-lomba untuk tumbuh. “Ohh…jadi seperti ini caranya?! Buang yang lama, yang baru akan segera menggantikan” ^^

Yang kedua. Segera realisasikan ide! Jangan Cuma ngumpulin ideeeee mulu. Sekarang akhirnya hilang semua. Realisasi ngga ada..! (Sedang mengomeli diri sendiri)

Sekarang saya menjadi lebih aware dengan urusan back up-mem back up. Sebenarnya saya punya external data, tapi (dulu) tidak pernah dimanfaatkan (teruuusss…buat apa beli?!). Jadi ingat kata Bunda Kisra, “Laptop/komputer memang bisa menjadi pengkhianat. Makanya harus selalu hati-hati.”, hahahaha. Maksud pengkhianat adalah, ketika file-file berharga kita tiba-tiba lenyap dari laptop/komputer tanpa sempat berpamitan, padahal lemburnya aja berbulan-bulan dan belum sempat di back up.


Sekian, 
Wassalamu'alaikum Wr.Wb



Komentar

  1. HOLA, COMO STAS... INTERESANTE TU BLOG, ME ENCANTO..¡ TE FELICITO.
    AHORA TE SIGO, TE INVITO A QUE ME VISITES Y VEAS LO QUE YO HAGO, SERAS BIENVENIDA SIEMPRE..
    BESOS, ABRAZOS Y BENDICIONES.
    ZHOBEYDA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola , gracias .. Un cordial saludo desde Indonesia :)

      Hapus

Posting Komentar