Recycled #8 : Smile Flower

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Tutorial kali ini masih bertema sarang lakban atau karton roll lakban. Sepertinya masih ada yang belum paham...bahwa yang saya gunakan itu adalah karton roll-nya, yaitu kertas bulat di bagian tengah lakban/isolasi, yang kalau sudah habis biasanya kita buang. Jadi bukan lakbannya... :)  

Minggu lalu, kreasinya membutuhkan satu sarang lakban. Kreasi kali ini, membutuhkan dua sarang lakban. Nhaaa... Teman-teman sudah mendapatkan berapa biji sarang lakban? :)
Alat dan bahan yang diperlukan sama seperti membuat kreasi kepik dasbor.
Sebelum mengikuti tutorial ini, sebaiknya baca dulu tutorial kepik dasbor minggu lalu supaya paham dan tidak ada pertanyaan yang (sebenarnya) sudah ada jawabannya :)

Sebelum lanjut, sekarang saya menetapkan aturan utama membaca tutorial di blog nupinupi. Baca teliti, pelan-pelan, jangan terburu nafsu atau membaca/menyimak tutorial-tutorial kami hanya sambil lalu. Karena hal itu menyebabkan timbulnya pertanyaan-pertanyaan yang tidak perlu. Seringnya, yang ditanyakan itu jawabannya sudah ada. Cuma karena membacanya tidak teliti, akhirnya bingung, tanya... Biasakan ya..untuk membaca dengan teliti dulu, baru kemudian bertanya. Yang merasakan manfaatnya teman-teman sendiri lho, bukan saya. Jadi, kalau ada yang merasa , "bertanya di blog, tapi tidak di jawab"... Berarti itu karena di tutorial tersebut sudah ada jawabannya. Baca lagi :)
Oke, lanjut...

Ini apa sih?
 

Ini bunga...


Bunga dan pot-nya... 
Fungsinya?

Tempat alat tulis... Hehehehehe...


Sudah biasa ya? Bagi saya istimewa, karena ketika melihatnya, selalu membuat saya ingin tersenyum juga. Lihat dong senyum si bunga.. Menyemangati ^^ Makanya, sekarang si smile flower ini selalu berada di meja kerja saya :) Ingin merasakan power si smile flower ini? Silakan coba membuatnya... :)

1. Siapkan dua sarang lakban

Tumpuk, isolasi keduanya.

2. Membuat tutup lubang bawah. Kita membutuhkan kertas karton/yellow board yang dilapisi flanel, satu saja. Cara mengukur dan membuatnya, silakan baca di tutorial sarang lakban minggu lalu.


3. Membalut permukaan sarang lakban dengan flanel.
Panjang flanel 26 cm, lebar/tinggi..silakan ukur sendiri. Gunakan lem tembak/lilin untuk menempelkan flanel.



4. Masukkan sisa flanel ke lubang, lem menggunakan lem lilin, rapikan.




5. Tempelkan tutup bawah.
Jadilah tabung..
6. Bagian ini sifatnya optional, terserah teman-teman mau diikuti atau tidak. 
Setelah tutup lubang di lem, bagian dalam bawah akan terlihat tempelan flanelnya. Sebenarnya tidak akan akan terlihat dari luar. Cuma, mata saya gatel aja melihatnya. Jadi saya menutupnya dengan lembaran flanel. Sama seperti menutup bagian dalam bawah kepik dasbor.



7. Jiplak pola mahkota bunga sebanyak 10 lembar. Masing-masing menjadi sepasang (2 lembar = 1 mahkota bunga)


8. Ambil 2 lembar pola mahkota bunga. Jahit tikam jejak/sebisanya apa, di sepanjang sisi yang melengkung. Sisi datar jangan di jahit. Lalu balik kainnya. Sehingga bagian yang di jahit ada di dalam. Teruskan menjahit 4 pasang pola mahkota bunga lainnya.



9. Isi dakron, sedikit saja... 

10. Rangkai menjadi satu - kelima mahkota bunga tersebut menggunakan tusuk jelujur, serut.
 

Simpul benangnya.

11. Buat lingkaran kain flanel, yang diameternya sama dengan diameter lingkaran rangkaian mahkota.
Lingkaran ini untuk bagian tengah bunga. Jadi, misal teman-teman membuat mahkota bunga yang ukurannya lebih kecil/lebih besar, diameter rangkaian lingkaran mahkota bunga itu menjadi patokan membuat lingkaran tengah. Membuat lingkarannya tidak perlu bagus-bagus, toh tidak akan terlihat. Karena lingkaran tersebut akan kita jahit jelujur dan serut pinggirnya.


12. Isi bagian tengah dengan dakron.

13. Coba tempelkan di tengah mahkota bunga...


Nah..seperti ini...
14. Kalau kita sudah merasa puas dengan hasil sementara tersebut, ambil lingkaran bagian tengah tersebut. Beri tanda bagian mata dan mulut. Lalu, ambil semua dakronnya, jahit mulutnya. Kenapa dakronnya harus diambil dulu? Coba saja menjahit garis mulutnya dengan kondisi ada dakronnya :)


Sudah? Hasilnya seperti ini.

15. Cari atau beli tusuk sate (atau pensil bekas juga boleh), balut dengan flower tape.


16. Oh iya.. bagian belakang bunga nantinya akan terlihat berlubang. Saya membuat "tutup" bagian belakang mahkota bunga dengan lingkaran karton yang di balut flanel. Diameternya sama dengan lingkaran flanel tutup bagian bawah tabung sarang lakban.


 Lem tangkai bunga (tusuk sate), dan tutupi dengan lingkaran flanel.


Taraaaa.........

17. Belum selesai lho.. Masih ada 1 tahap lagi. Menghias permukaan tabung..
Permukaan tabung bisa di hias apa saja sesuai selera. Tapi karena hiasan utamanya bunga, tentu saya membuat hiasan di tabungnya dengan tema yang yang sama. Bunga-bunga.. Untuk hiasan bunga..saya punya banyak pilihan material. Bisa memakai parel, kancing, atau renda jasmin yang dipotong-potong.
Pilihan saya jatuh pada kancing bunga B.


Karena bagian belakangnya ada "tonjolan"nya, saya gunting satu persatu supaya rata.
18. Tempel tangkai-tangkai bunga menggunakan pita satin 1/8' (2 mm) warna hijau. Tempel secara acak. Lalu, tempelkan kancing/parel yang dikehendaki. Untuk menutupi bagian bawah, tempel renda (renda swan baru).

Selesaiii.... Tinggal finishing..

Tempelkan smile flower pada tabung menggunakan lem lilin.



Cantiknyaaa....

Kata ibu saya..bunganya kebesaran. Hehehe. Yah..silakan membuat ukuran yang sesuai selera/kebutuhan masing-masing :)

Pola mahkota bunga

 Tutorial minggu depan... Insyaallah... 




Line sms sudah kami aktifkan kembali. Order bisa lewat sms 082 322 800 111 (sms only). Pin 769BC26D. Katalog udate di FB/FP Paket Belajar Flanel ya, katalog blog sementara ini tidak update/valid. Kami online hanya di jam kerja.. 08.00-16.00. Sabtu-minggu/tanggal merah hp off. Kalau tidak segera di balas..mohon bersabar. Yang sms/inbox/email tidak hanya anda... Kami balas satu persatu..antri. Oke? ^^ Terimakasih



Salam,

Komentar

  1. Cantik....,klo pake kaleng susu bs juga kali ya,...

    BalasHapus
  2. Mba Prapti, tutorialnya menginspirasi untuk berkreasi... Seneng dech, tiap pekan ada ilmu yang bisa dibagi-bagi... terimakasih... (FB Anggrek Yani)

    BalasHapus
  3. kereeeeen.....pengen nyoba buat pajangan meja kantoor....heheheee

    BalasHapus
  4. Hello!
    This is wonderful! I love your blog and your ideas!
    Xoxo,
    Maria Carolina

    BalasHapus
  5. Cakep mbak...
    Makasih udah selalu menginspirasi....

    BalasHapus
  6. aku punya banyak kaleng bekas makanan kucing, terus kepikiran mau bikin tempat pensil, nyari tutorial dapet yang unyu begini.
    minta izin nyontek ya mbaakkk :D

    BalasHapus
  7. Makasi Kak tutorialnya, Aku langsung praktek! hehehehe
    bisa cek disini Kak :)

    http://phenyukerooo.blogspot.com/2014/03/akhirnya.html

    BalasHapus
  8. sungguh cantik semua karyanya...maju terus..mbak

    BalasHapus
  9. Lindissimo esse cofrinho parabéns

    BalasHapus

Posting Komentar