Membuat Cetakan Pita #1

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Sebelum saya membagikan tutorial, saya akan sedikit "curhat" tentang hidup saya yang dua minggu terakhir ini berubah total, dan berlangsung entah sampai kapan.

Bisa dipastikan,jadwal posting di blog ini akan morat-marit. Sekarang saya punya kewajiban lain yang tidak bisa saya tinggalkan. Merawat bapak mertua yang sakit (kanker) sendiri, karena suami saya bekerja di kota lain, dan saudara dekat tidak ada. Kegiatan utama saya sekarang adalah menginap dari rumah sakit satu ke rumah sakit lain. Jadi, mohon dimaklumi, jika untuk beberapa waktu ke depan...blog Nupinupi jarang update. Mohon doa dari teman-teman semua, kami bisa melalui ini semua dengan baik :)

Sebenarnya, jika tidak ada halangan ini..Nupinupi akan mengadakan banyak program. Bulan September ini insyaallah Nupinupi berulangtahun yang ke-4. Sudah saya rencanakan untuk mengadakan giveaway dan acara menarik lainnya. Tapi, ternyata Alloh berkehendak lain. Ya sudah, saya "selesaikan" dulu ujian saya... Nanti kalau semua sudah "selesai"...insyaallah acara itu akan saya lanjutkan. Mohon doanya ya :)

*Konfirmasi mengenai orderan/transfer, mohon melalui FB Paket Belajar Flanel atau sms ke nomor yang saya sebutkan di atas. Karena saya akan jarang membuka blog ini untuk sementara waktu.

Meskipun demikian, OS Paket Belajar Flanel tetap buka dan berjalan lancar. Asisten-asisten saya yang menangani OS tersebut. Jadi, yang ingin belanja bahan atau paket belajar, masih terbuka lebar. Kami juga membuka line sms untuk order. 082 322 800 111. Dengan format : nama, alamat lengkap, no.hp aktif, daftar belanja. Jika daftar orderan banyak, mohon mengirimkannya melalui inbox/email saja (dengan format yang sama) untuk meminimalisir kesalahan rekap. HP hanya aktif di jam kerja (08.00 - 16.00). Sms only yaa.. Terimakasih :)

Tutorial kali ini, saya akan share cara mudah membuat pita. Lebih tepatnya menyimpul pita. Dengan cara ini, kita bisa membuat pita dengan ukuran seragam dan cepat.

Pita-pitanya seperti ini..
Saya yakin, semua orang bisa dengan mudah membuat pita-pita seperti foto di atas. Saya hanya share cara yang lebih mudah dan cepat. Sehingga, bagi crafter yang suka "menimbun" pita untuk hiasan kreasi-kreasinya..bisa membuat dengan lebih cepat dan ukuran seragam. Karena, saya pribadi memang menjadikan pita sebagai andalan hiasan-hiasan kreasi saya. Bisa dilihat, sebagian besar kreasi saya berpita... ^^v

Yuk kita mulai...

1. Siapkan kertas tebal. Bisa kertas bekas undangan atau cover buku. Sebaiknya jangan yang terlalu tebal dan kaku. Tebal dan agak lentur akan lebih nyaman digunakan.

Siapkan kertas tebal dan sampel pita berbagai ukuran lebar

2. Buat template/cetakan pita berbentuk U. Masalah ukuran, itu sesuai dengan lebar pita yang kita inginkan. Jadi, ukuran cetakan tersebut sepenuhnya sesuai kebutuhan kita... 

Saya membuat cetakan untuk pita yang lebarnya 1 cm, 2.5 cm, dan 7 cm. Cetakan yang paling kecil untuk pita selebar 1 cm.
Ini cetakan yang saya buat.
 3. Garis A adalah lebar pita jadi yang kita inginkan. Garis B panjangnya terserah kita (menyesuaikan lebar pita).
Garis B jangan sampai terlalu pendek. Akan lebih nyaman kalau agak panjang. Sehingga kita lebih leluasa mengikat pitanya.
Garis C, garis A di bagi dua dengan lebar sama.
Garis D, lebar sesuai selera dan tidak berpengaruh terhadap bentuk/ukuran pita. Jangan terlalu sempit. 

CONTOH : Saya membuat cetakan untuk pita yang lebarnya 7 cm dan lebar pita jadi adalah 12 cm. Maka saya membuat cetakannya dengan panjang garis A 12 cm, panjang garis B tentu saja harus lebih dari 7 cm (lebar pita) ---- saya buat 15 cm. Garis C masing-masing 5,5 cm. Jadi garis D lebarnya 1 cm (boleh lebih)


4. Cara pemakaian.
Untuk bentuk-bentuk pita biasa, tidak perlu saya jelaskan pasti sudah bisa dipahami oleh teman-teman melalui foto. Bagian tengah foto bisa kita ikat menggunakan benang atau pita atau tali. Sesuai selera.



5. Cara membuat pita bentuk lain.
Silakan bereksperimen dengan membuat beberapa kali ikatan pada cetakan. Sehingga kita bisa membuat pita bentuk lain.
Karena menggunakan pita kecil, jadi kurang terlihat banyaknya lengkungan pita.

Selain menggunakan cetakan kertas, kita juga bisa menggunakan garpu. Tapi ini hanya bisa kita gunakan untuk membuat pita kecil.


Semoga bermanfaat :)


Salam,

Komentar

  1. tanx ya mbak infonya, bermanfaat sekali, bis gini praktek ah....^u^...

    BalasHapus
  2. Masya Allah....pantes lama gak nongol mba Pi ni....Syafakallah buat bapak ya mbak...Mudah2an diberikan yang terbaik.... Oke ni tutonya...makasih banyak mbak...^^

    BalasHapus
  3. Syafakillah bwt bapa ya mba ..
    Tq bwt tutorial pita'y kali ni.. smga sglanya selalu dimudahkan ... Amien.

    BalasHapus
  4. kereen... selalu muncul dengan ide baru sip!

    BalasHapus
  5. aamiin..aammiin.. terimakasih doanya ya :)
    ini sebenarnya banyak ide, tp krn sikon, blm bisa praktek dan membuat tutorial :)

    BalasHapus
  6. Dari dulu aku selalu jelek klo bikin pita, makasih banget tutorialnya :)

    **dan smoga Mbak juga sehat selalu

    BalasHapus
  7. Ry : hihihihihihi.... aaamiin. Terimakasih :)

    BalasHapus
  8. wah.... makasih tuto-nya mba... pita jd gampang dbentuk kl gn caranya :)

    BalasHapus
  9. thanks u, bisa mempermudah pekerjaan dan hasilnya lebih rapi n sama

    BalasHapus
  10. Bikinan jari : siip ^^
    Bonabe : alhamdulilah :)

    BalasHapus
  11. Makasih tuto_nya,.kmrn sy jg belajar cara mencetak pita menggunakan jari tangan..

    BalasHapus

Posting Komentar