Souvenir Tissue Cover

Assalamu'alaikumwrwb....

Tidak terasa, sudah sebulan lebih absen. Saya kira baru 2 minggu tidak update blog...hahahaha. Sedang ada proyek rahasia, teman-teman. Ide saya terkuras habis di situ... Alhamdulillah, sudah selesai dengan sukses. Tinggal menunggu "hasilnya"... ;)

Ada tutorial baru... Seperti biasa, tetap di aliran simpel tapi menarik ^^ check it out!

Kemarin, ibu pulang kondangan membawa souvenir. Saya sudah sangat sering mendapat souvenir seperti ini, cuma...baru kemarin saja kepikiran untuk mencoba membuatnya dari kain flanel.

tissue box cover
Teman-teman tentu tidak asing dengan souvenir seperti ini kan? Bahannya apa yaa??... Duh, maaf. Saya kurang paham. Seperti satin (tapi saya yakin bukan), dilapisi busa.

Hasil kreasi saya seperti ini....

Cute kan?! :)
Lumayaaan... Tapi sebenarnya saya kurang puas. Karena membuatnya tanpa rencana, jadi kurang maksimal. Biasanya saya buat sketsa dulu... Tapi ini langsung potong, tempel, jahit. Begitu sudah jadi..baru merasa ada yang kurang...hehehehehe. Nanti silakan di explore dan di modifikasi sendiri ya...

Bahan :
Kain flanel motif
Kain flanel polos
Renda (kalau punya)

Alat :
Gunting biasa
Gunting gelombang (kalau ada)
Lem uhu
Benang jahit, jarum

Bahan dan alatnya cukup simpel kan? Membuatnya apalagi... ^^

flanel orange-nya tidak jadi saya pakai...
1. Siapkan 1 lembar kain flanel motif, ukuran 30 cm x 40 cm. Ukurannya pas, tidak kurang dan tidak sisa untuk membuat 1 pc tissue box cover tersebut.

Ukuran cover contoh (jadi) : 32 cm x 18 cm

Lipat flanel motif seperti foto. Lipat bagian pinggir-pinggirnya (lubang tisu). Setelah di lipat, coba ukur lebarnya. Jika lebar sudah mencapai 18 cm - 20 cm...silakan lem lipatan tersebut. Atau, silakan kalau teman-teman membuat ukuran sendiri. Yang penting caranya seperti ini.... :)
2. Sudah?.... Kalau di contoh cover, bagian pinggir lubang tisu memakai renda air. Saya punya renda air warna putih (yang paling cocok). Setelah saya padukan, ternyata mati...tidak terlihat. Ya sudah, saya membuat renda alternatif dari kain flanel polos biru (sesuai dengan warna motif dot-nya). Kain flanel polos orange-nya tidak jadi saya pakai, karena setelah di coba...kurang sip kombinasinya. Potong 2 lembar kain flanel, panjang sesuai badan cover, lebar 3 cm. Saya gunting gelombang di salah satu sisinya.

Lem bagian sisi lubang tisu pada badan cover. Tempelkan "renda flanel"
3. Seperti ini hasilnya...


4. Balik kain flanelnya... Sehingga tampak bagian dalam cover.

Usahakan, lebar antara lipatan kanan dan kiri sama ya... Kalau perlu di ukur menggunakan penggaris, supaya sama.

5. Kita akan menjahit salah satu sisi lebar badan cover. Saya jahit menggunakan tusuk tikam jejak. Supaya jahitannya lurus, saya menggunakan garis bantu tipis-tipis.

Hasil jadi...
6.
Balik lagi... Sehingga tampak bagian luar cover.

7. Hasil sementara seperti ini....

Salah satu sisi lebarnya tidak di jahit...

8.Untuk hiasannya, saya membuat pita flanel... potong kain flanel dengan ukuran 15 cm x 3 cm. Saya rasa foto-fotonya cukup jelas... ^^





9. Ambil badan cover, beri tanda pada jarak 9 cm dari masing-masing ujung atas dan bawah. Jahit/satukan kedua sisi lubang...

10. Seperti ini hasilnya...


11. Lem pita-pita yang kita buat tadi pada bagian jahitan...



12. Nah... pada salah satu sisi lebar badan cover kan masih terbuka (tidak di jahit). Itu nanti untuk "pintu masuk" tissue-nya. Tapi tetap harus di beri sesuatu yang bisa direkatkan, supaya bisa menutup rapi kalau di dalamnya ada box tissue-nya. Apaa yaa..?? Tadinya mau saya beri kancing jepret. Tapi jahitnyanya nanti tembus ke luar...kelihatan benangnya. Lalu, saya memakai velcro atau perekat.

Lem memakai lem uhu, sudah sangat kuat. Asal nge-lem nya merata. Sisi halus di bagian atas, yang kasar di bagian bawah.


13.Bagian favorit....mencoba hasil akhir...

Yeeeyyy.... done!
Tapi setelah saya coba memasukkan tissue box, yang pakai kardus...tidak muat. Ehee.. Yo wes, yang penting muat untuk yang ini. Jadi, sebelum membuat..silakan ukur lagi ya.. :)

Tissue cover ini bisa juga dijadikan souvenir lhoo... Cara membuatnya mudah, bahannya juga mudah... Tunggu apalagi?! ^^


Suka yang mana?? ^^

Selamat mencoba... $)

NB : Oh iya... karena masalah sinyal, nupinupi akan mengganti nomor HP. Kami akan mensosialisasikannya dalam waktu 1 bulan, mengingat sudah banyak kartu nama, paket belajar, dan nota yang tersebar..mencantumkan nomor HP lama. Nomor HP lama 089 6369 0 6864 akan di ganti dengan 082 322 800 111 (sudah aktif). Save ya... ^^ Tapi nomor tersebut bukan untuk order lho yaa. Untuk informasi saja atau konfirmasi pembayaran. Order hanya lewat inbox FB/Pages Paket Belajar Flanel atau email. Terimakasih



Salam, 

Komentar

  1. Cantik sekali mba...
    makasih share nya... :)

    BalasHapus
  2. cakep banget mba Prapti...
    Bikin tutorial itu harus telaten, dkk...Maju terus buat Nupi2 :)

    BalasHapus
  3. keren mba aku mau cb bikin boleh ya soalnya pernah kepikiran cuma ga tau mulainya gmana he he makasih inspirasinya

    BalasHapus
  4. Nina, NKOTB,Eva, Titalitha : terimakasih sudah mampir.. kunjungan teman2 yang memberi inspirasi :)

    BalasHapus
  5. cantik mbak, makasih ilmunya....

    BalasHapus
  6. Mba bagus y.Aku dah lama mw coba buat tapi gk tau mo mulai dari mana.Makasih y inspirasinya

    BalasHapus
  7. Wida aya : sering-sering mampir yaa :)

    Coolcraft : gimana? sudah berhasil membuatnya :)

    BalasHapus
  8. kalo dijual kira-kira harganya berapa ya mba??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mb Nurul...
      Jangan dikira-kira dalam menentukan harga... sila baca caranya di sini http://www.nupinupi.com/2010/12/cara-menentukanmembuat-harga-produk.html :) kalau ada kesulitan/pertanyaan lagi, monggo silakan

      Hapus
  9. mbak...kain falnrl motif gitu beli dmn ya??di tempat sy yg ada cm polos

    BalasHapus

Posting Komentar