Photo Lightbox Murah Meriah, Hasil Jepretan Wah....

Selama ini saya sering kesulitan ketika melakukan pemotretan. Kesulitan saya adalah cahaya. Rumah saya terlalu penuh dengan barang-barang, sehingga terasa "buram"...meskipun siang hari cerah. Sementara kalau di luar/halaman, terlalu menyilaukan dan susah mencari spot yang bagus... Apalagi kalau malam hari, pemotretan tidak maksimal. Jadi, saya sering menunda esok hari. Itupun hanya sampai pukul 5 sore (kalau cerah). Musim hujan seperti ini, pukul 1 siang sudah mendung, pukul 2 siang...mulai gelap, pukul 3 sore...ya sudah.
Lalu saya akali dengan lampu meja.... Lumayan terang, tapi bagi saya kurang memuaskan. Sampai akhirnya saya menemukan solusinya. Sebuah photo lightbox...seperti yang dipakai fotografer-fotografer pro. Atau dalam pembuatan film animasi. Tapi, kalau lightbox yang "beneran" kan mahal harganya. Setelah googling, dapat nih cara membuat lightbox yang murah, mudah, hasil jepretan jadi wah.

Apa fungsi lightbox? Dalam pemotretan, cahaya adalah hal yang sangat penting. Sehingga kita bisa menampakkan secara jelas, detail dan keindahan barang yang kita potret. Dan yang paling penting lagi, kita bisa menunjukkan warna yang sebenarnya. Kadang-kadang, karena faktor cahaya, warna bisa lain dengan kenyataan.

Lightbox yang beneran seperti ini..

 Di Google, akan kita dapatkan banyak sekali variasi home made light box, contohnya :

A home-made light box with a DSLR ready to shoot. Photo by Bill Ward's Brickpile/Flickr/CC




Nah.. saya memilih membuat sendiri dari kardus.
Bahan & alat :
1. Kardus (ukuran sesuai kebutuhan)
2. Cutter
3. Penggaris
4. Bolpen/spidol
5. Isolasi
6. Kain putih/kertas minyak putih
7. Kertas manila putih
8. Lampu meja (idealnya 2)

Bahan dan alat
Potong semua "sayap-sayap" kardus


Buat lubang di 3 sisi. Samping kanan, kiri, dan atas. Caranya, buat garis untuk mempermudah. ukuran sesuai selera. Potong menggunakan cutter (lebih mudah)

Hasilnya seperti ini...

Siapkan kain putih. Saya menggunakan kain viselin, karena adanya itu. Kalau di google, ada yang menggunakan kertas minyak putih. Silakan, gunakan apa saja..asal tidak terlalu tebal, dan berwarna putih. Tutup lubang-lubang tersebut menggunakan kain putih. Saya melekatnya hanya dengan isolasi.
Hasilnya seperti ini....
Untuk background, lapisi dengan kertas manila putih/hitam/kertas kado... 
Sudah selesai. Saya membutuhkan waktu 1 jam untuk menyelesaikannya....

Setelah saya coba (siang hari), di dalam rumah... Lumayaan. Tidak perlu lagi "bermain" dengan photoshop untuk mengakali ketajaman, kontras, maupun gelap-terang. Akan lebih memuaskan lagi kalau saya punya 2 lampu meja (nanti beli :P ). Karena kalau lampunya 2, atau malah 3 sekalian, atas, kanan, kiri...saya tidak perlu memakai blitz. Dan hasilnya akan lebih bagus. Soalnya, lampu blitz suka "meninggalkan" bayangan.

Kiri dengan cahaya lampu, kanan cahaya alami dari luar

tanpa lampu, tanpa blitz
tanpa lampu, dengan blitz
Dengan lampu dan blitz. Lumayan, tapi berbayang


Tanpa lampu, tanpa blitz
Dengan lampu, tanpa blitz




NB : mesin jahitnya itu miniatur, kotak musik... (banyak yang menanyakan... ^^ )

Selamat mencoba :)






Komentar

  1. Kereen mb Prapti.. ⓜⓐⓚⓐⓢⓘⓗ udah berbagi ilmu nx. Sangat berguna banget, mengingat HP saya jadul ga ada blitz.. Mau coba ah ƪ‎​​​‎​{^⌣^}Æ©

    BalasHapus
  2. kereeen...
    cobain aah...

    BalasHapus
  3. Aduuuh bener2 jadi bagus ya dan tampak prof...dua jempol deh :D

    BalasHapus
  4. kerennya mba prapti...good idea..:* :)

    BalasHapus
  5. kerennya mba prapti...good idea..:* :)

    BalasHapus
  6. wow, hasil fotonya jadi bagus sekali

    BalasHapus
  7. mba itu fotonya pake hape atau kamera??

    BalasHapus
  8. All : terimakasih.. itu hanya hasil googling kok... ;)
    Karimah : sy memakai kamera digital mb... silakn di coba,kalau memakai hp bagaimana hasilnya... :)

    BalasHapus
  9. bagus banget mba hasilnya..:) jadi pengen nyoba bikin...makasii idenya yah mba..:)

    BalasHapus
  10. aih.. keren, mbak.. ^^ makasih..

    BalasHapus
  11. waah baguus mba.. mesiin jahit nya lucuuu .. xixii ^^

    BalasHapus
  12. makasi ilmunya mba....

    BalasHapus
  13. kreatif....mantap mbak....

    BalasHapus
  14. aku dah nyoba buat mba..:) hasil fotonya baguss...:)

    BalasHapus
  15. izin share ya mba :) trmksh :)

    BalasHapus
  16. izin share ya mba :) trmksh :)

    BalasHapus
  17. Kreatip ih Mbak :)
    Tapi emang harus disiasatin sendiri ya ...

    BalasHapus
  18. Siti : monggo.. :)
    Ria : iya lah... the power of kepepet... hehehhe.

    BalasHapus
  19. wah idenya bagus mbak Prapti... bakalan dicoba nih haha.. awalnya belum pernah terpikir untuk memiliki photo lightbox...tapi sekarang jadi pengen punya 1 buat potret-potretin hasil craft saya... Thanks banget ya mbak Prapti.

    trus...ijin buat ambil banner Nupi Nupi mbak Prapti buat ditaruh di online catalog saya ya (http://bumshandmade.blogspot.com)

    BalasHapus
  20. bum's handmade : bukan ide saya mb, di google banyak.. cm share aja,hehehehe. monggo mb..silakan :)

    BalasHapus
  21. uwaaaw....kerennn . . Bisa bikin dengan modal murmer *ngirit, hahaha* . . Makasihh mbak mau share tutornya . . :)

    BalasHapus
  22. wowowowowoww,,,kereenn!! kreatif nich,,nyobain ahh,,thx for share mbak,,alhamdulillah,,beruntung bgt nemuin blog-nya mbak ini ^_^v

    BalasHapus
  23. bermanfaat sekali iinformasinya mba..
    saya jd senang main ke blog ini :)

    keep inspiring ya mba

    BalasHapus
  24. saya mau bikin tapi yg ga ada bayangan sama sekali....

    BalasHapus

Posting Komentar