BEHIND THE SCREEN ‘PAKET BELAJAR FLANEL’ Griya Kreasi Nupi


Bulan ini, Griya Kreasi Nupi bagi-bagi jam dinding dan tutorial gratis. Tutorialnya saya janjikan yang belum pernah dipublikasikan. Oleh karena itu, mohon maaf…tutorial gratis bulanannya, untuk kali ini ditiadakan. Sebagai gantinya, saya akan share mengenai proses pembuatan ‘PAKET BELAJAR FLANEL’ atau sering di sebut paket DIY. Tiga poin penting dalam membuat paket DIY adalah imajinasi, menuangkan dalam gambar/sketsa, dan penyampaian yang mudah dimengerti oleh pembaca.

Mari kita mulai dari sebelum ide itu muncul
  • Dua hal yang selalu saya bawa kemanapun saya pergi, notes dan bolpen. Ide bisa muncul dimanapun dan kapanpun. Jadi saya harus selalu siap untuk ‘menangkapnya’, sebelum ide itu berlalu seperti angin. Karena, kadang-kadang ketika membuka-buka notes ‘IDE’, saya heran sendiri…kok bisa saya punya ide ini, atau kapan saya menuliskan ide ini ya…. 
  • Sampai di rumah, ketika ada waktu luang….saya akan menuangkan ide tersebut ke dalam gambar atau coretan sketsa yang masih kasar. Detailnya kadang-kadang saya tuliskan juga, supaya tidak lupa. Lalu coretan-coretan tersebut saya simpan dulu.

Selanjutnya, saat harus launching Paket DIY baru. Membuka kembali coretan-coretan yang pernah di buat sambil memikirkan cara merealisasikan coretan tersebut. Ada 3 poin yang harus diperhatikan untuk meloloskan coretan tersebut ke tahap realisasi, yaitu :
  1. Menjadi apa?
  2. Manfaatnya apa?
  3. Seberapa banyak orang yang membutuhkannya?
Setelah itu, coretan akan saya gambar lebih halus dan detail.


Gambar yang sudah ‘sempurna’…saya tempelkan di kertas yang agak tebal dan di gunting sebagai pola.


Sampai di situ, tentu saja saya harus mencobanya terlebih dahulu. Tahap ini paling banyak memakan waktu. Kadang-kadang langsung oke, tapi lebih sering harus diperbaiki lagi. Jadi….menggambar pola lagi, dan di coba lagi….sampai hasilnya sesuai bayangan/keinginan saya. Selanjutnya, pola di beri nama dan dimasukkan ke dalam plastik supaya mudah pada waktu akan menggunakan kembali.


Saatnya mengeluarkan senjata kedua (setelah notes dan bolpen), kamera digital. Menggunakan pola  yang sudah fix tadi, saya buat lagi kreasi baru tersebut untuk memotret langkah-langkah pembuatannya.

Tahap selanjutnya….meng-edit foto. Lumayan pegal dan membosankan…. Karena yang saya edit ratusan foto. Dalam pembuatan satu kreasi, ada banyak foto yang harus diambil, supaya bisa menunjukkan detail langkah-langkahnya kepada pembaca. 


Tahap terakhir, menyusun tutorial yang mudah dipahami pembaca. Selesai…sementara.
Masih ada  dua tahap lagi, menghitung harga dan mencetaknya. Baru setelah itu di publish =))


Barang-barang penting/vital dalam proses pembuatan Paket Belajar Flanel/DIY :
  1. Komputer/laptop. Tapi saya lebih nyaman menggunakan komputer
  2. Kamera digital (HP juga bisa, tapi gambarnya akan kurang memuaskan kalau pixel-nya kecil)
  3. Printer warna.Pernah printer saya rusak….haduuh, pusingnyaaaa. Akhirnya saya beli satu lagi, itung-itung sebagai cadangan kalau salah satu ngadat :) 

Nah,itulah tahap-tahap pembuatan Paket Belajar Flanel yang teman-teman pelajari. Saya berharap, paket belajar itu benar-benar mudah dipahami dan menjadi pembangkit kreatifitas teman-teman. Terimakasih ^^v

Komentar